KotaSerba Serbi

Ribuan Pencari Kerja Antre Job Fair Kota Cirebon

×

Ribuan Pencari Kerja Antre Job Fair Kota Cirebon

Share this article
Para pencari kerja sedang melakukan scan pada pamflet job fair Kota Cirebon.
Para pencari kerja sedang melakukan scan pada pamflet job fair Kota Cirebon. Foto: Cireboners/Rifki

CirebonersID – Ribuan pencari kerja mengantre saat hadiri pelaksanaan job fair dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-597 Kota Cirebon, Rabu (24/7/2024).

Kepala Disnaker Kota Cirebon Agus Suherman mengatakan, kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari, yakni 24-25 Juli 2024 di Grage City Mall (GCM).

Agus menyebut, animo masyarakat terhadap job fair cukup tinggi, sebab sejak pagi para pencari kerja sudah antre meskipun acara belum dibuka.

“Ini menunjukkan animo masyarakat yang ingin bekerja sungguh luar biasa,” katanya.

Ia pun menyampaikan, gelaran job fair tahun 2024 pencari kerja mesti mengisi biodata terlebih dulu melalui aplikasi Siap Kerja yang disediakan Kemenaker RI.

Sekitar 1.254 pencari kerja telah terdaftar melalui aplikasi tersebut hingga Rabu siang. Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat selama dua hari.

“Slot lowongan kerja yang tersedia mencapai 3.500 di hari pertama, dan 1.500 di hari kedua, dari 32 perusahaan, mulai dari perbankan, jasa keuangan, hingga retail,” ujarnya.

Terpisah, Pj Walikota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan, gelaran job fair menjadi langkah nyata pemda Kota Cirebon dalam mengurangi angka pengangguran kerja.

Ia pun menyebut, angka pengangguran di Kota Cirebon terus menunjukkan penurunan signifikan.

Berdasarkan data BPS, tingkat pengangguran terbuka di Kota Cirebon alami penurunan dari tahun 2022 sebesar 8,42 persen menjadi 7,66 pada 2023.

“Alhamdulillah pengangguran di Kota Cirebon semakin menurun. Capaian ini, tentu atas kerja bersama semua pihak,” katanya.

Salah satu peserta jobfair, Rizka Zaldina.
Salah satu peserta jobfair, Rizka Zaldina. Foto: Cireboners/Rifki

Salah satu peserta, Rizka Zaldina mengaku sudah memasukkan sebanyak lima pengajuan kerja di lokasi job fair.

Ia berharap, usai mengikuti kegiatan tersebut mampu membantunya mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

“Selain cari kerja di online, juga ikut di offline seperti job fair ini. Harapannya, bisa mendapat pekerjaan, karena dibutuhkan,” ungkapnya. (Rifki)