Kota

Cegah Kerusakan, Dispusip Kota Cirebon Lakukan Fumigasi Arsip

×

Cegah Kerusakan, Dispusip Kota Cirebon Lakukan Fumigasi Arsip

Share this article
PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN 400 sedang memilih buku. Foto: Dok. Dispusip Kota Cirebon.

Cireboners.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Cirebon melakukan fumigasi sebagai upaya mencegah kerusakan arsip. Fumigasi arsip berlangsung sejak tanggal 14 hingga 19 Desember 2023 mendatang.

Kepala Dispusip, Gunawan mengatakan, imbas dari fumigasi tersebut mengkibatkan layanan operasional perpustakaan ditutup sementara dan kembali beroperasi pada Rabu (20/12/2023) nanti.

Ia menyampaikan, pemeliharaan berkas dengan cara mengasapi bahan pustaka bertujuan untuk mencegah kerusakan akibat jamur dan hama. 

“Adapun fokus utama perawatan pada ruang layanan perpustakaan. Yakni, ruang baca lantai satu dan lantai dua,” kata Gunawan.

Proses fumigasi sendiri dilakukan pekerja profesional dengan cara pengasapan serta penetrasi zat kimia khusus terhadap bahan pustaka.

“Proses fumigasi telah berlangsung selama 5 hari untuk memastikan penetrasi zat ke buku secara maksimal,” ujarnya 

Kemudian, ada beberapa tahapan dalam proses penetrasi bahan kimia ke dalam buku, seperti isolasi ruangan menjadi kedap udara, pelepasan tablet, dan penetrasi obat.

“Setelah tiga tahapan tadi selesai, proses terakhir adalah pembersihan ruangan dari sisa-sisa bahan kimia,” jelasnya.

Sebagai informasi,  total koleksi pustaka yang ada sebanyak 54.271 eksemplar terdiri dari buku, koran, tabloid, majalah, compact disk, dan kartografi.

Sedangkan total data arsip yang tersedia sebanyak 34.000 buah terdiri dari arsip tekstual, film, foto, peta/gambar, CD/video, dan kaset.

“Fumigasi ini, sewajarnya dilakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam setahun, namun untuk tahun ini Dispusip hanya dapat melaksanakan sekali di penghujung tahun,” pungkasnya. (Rifki)

Visited 15 times, 1 visit(s) today