Kota

Kemeriahan Perayaan Tahun Baru Imlek 2024 di Kota Cirebon

×

Kemeriahan Perayaan Tahun Baru Imlek 2024 di Kota Cirebon

Share this article
Seorang jemaah melakukan doa di depan altar. Foto: Cireboners.id/Rifki

Cireboners.id – Suasana meriah terlihat dari perayaan Tahun Baru Imlek 2024 atau 2575 Kongzili di Wihara Dewi Welas Asih Kota Cirebon, Jumat (9/2/2024).

Meski diguyur hujan, jemaah terus berdatangan untuk menunaikan ibadah dan menyaksikan perayaan tahun baru Imlek.

Bahkan, masyarakat sekitar pun turut memeriahkan acara pertunjukan barongsai, liong dan pesta kembang api yang dilakukan di area luar Wihara.

Sementara itu, dari pantauan cireboners.id, suasana di dalam Wihara dipenuhi puluhan lilin dengan berbagai ukuran yang melambangkan pencerahan atau penerangan bagi umat Budha yang hendak beribadah.

Dengan warna merah yang menghiasi seluruh sudut wihara baik dari lampion maupun ornamen lain, memiliki simbol kebahagiaan dan wujud keberanian.

Pengurus Wihara Dewi Welas Asih, Romo Djunawi mengatakan bahwa Imlek tahun 2024 bertepatan dengan shio Naga Kayu yang diharapkan menjadi pertanda baik dan momentum meraih keberkahan.

“Tahun ini, tahun 2575 kita rayakan dengan sederhana, tapi pengunjungnya cukup banyak, harapan kita semua umat yang hadir mendapat berkah dari perayaan ini,” katanya.

Menurutnya, kesederhanaan yang dimaksud ialah karena tiadanya salah satu rangkaian acara yakni Kirab dalam acara Cap Go Meh.

Hal tersebut, tak lepas dari perayaan tahun baru Imlek yang berdekatan dengan momen Pemilu 2024. Sehingga, sebagai wujud menjaga ketenangan dan stabilitas keamanan proses kirab pada Cap Go Meh ditiadakan sementara waktu.

“Sederhana, karena biasanya kirab saat cap go meh, tapi sekarang gak ada. Itu yang kita katakan sederhana, meski sederhana tetap meriah dan tidak mengurangi arti dari peringatan imlek tahun ini,” tambahnya.

Meski begitu, Djunawi menyebut perayaan Cap Go Meh akan tetap dilakukan secara terbatas di dalam area Wihara Dewi Welas Asih pada tanggal 24 Februari mendatang.

Ia berharap, perayaan Imlek 2024 dapat menjadi momentum mempererat kerukunan, saling menghormati, sehingga dapat memperkuat toleransi sesama umat beragama.

“Semoga dapat mempererat kerukunan, saling menghormati, lalu memperkuat toleransi. Karena mendekati pemilu juga, semoga tetap terjaga kedamaian di mana pun berada,” pungkasnya.