Kota

Anggota DPR RI Minta PT Semen Indonesia Gandeng UMKM

×

Anggota DPR RI Minta PT Semen Indonesia Gandeng UMKM

Share this article

Cireboners.id – Anggota Komisi VI DPR RI, Herman Khaeron meminta PT Semen Indonesia (Persero) menggandeng UMKM demi meningkatkan ekonomi di daerah. Perusahaan BUMN itu diharapkan menggarap program bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Pria akrab disapa Hero itu mengatakan, keberadaan PT Semen Indonesia akan dirasakan masyarakat dan pelaku UMKM di daerah, jika program bantuan langsung diserahkan masyarakat.

“Pembinaan UMKM perlu ditingkatkan oleh perusahaan BUMN. Agar, sektor ekonomi masyarakat tetap berkembang. Ini tanggung jawab BUMN, termasuk PT Semen Indonesia,” ujarnya saat menggelar sosialisasi dengan tema ‘Membangun Negeri Membangun Masyarakat’ di Hotel Zamrud, Selasa (7/3/2023).

Hero mengatakan, tema itu diangkat karena berkaitan langsung terhadap tanggungjawab sosial kepada masyarakat salah satunya pembinaan UMKM.

“Pembangunan tengah pesat, maka susah seharusnya UMKM dilibatkan. Pembinaan UMKM itu bisa melalui CSR perusahaan di bawah naungan BUMN,” kata Hero.

Bantuan kepada UMKM bisa diberikan melalui pemodalan atau pelatihan. Dengan begitu, pelaku UMKM dapat mandiri dan punya bekal ilmu memadai, baik keterampilan bidang pemasaran maupun kemasan.

“Dan yang perlu menjadi catatan bahwa BUMN sekarang ini kan cluster, jadi yang saya perkenalkan adalah kluster infrastruktur. Dan tentu dari kluster ini menghasilkan banyak sekali kegiatan UMKM,” kata Hero.

Hero pun menyinggung keberadaan UMKM di Cirebon yang belum berani bergerak di bidang infrastruktur. Mengingat, UMKM saat ini didominasi bidang kuliner. Karena itu, dia berharap ke depan ada UMKM di Cirebon yang bergerak pada bidang infrastruktur.

“Saat ini belum ketemu UMKM yang bergerak di bidang infrastrukur. Tapi saya yakin suatu saat dengan BUMN dan UMKM yang tumbuh, menurut saya akan ada,” ungkapnya.