Travel

Disbudpar Rencanakan 5 Destinasi Wisata Baru di Kota Cirebon

×

Disbudpar Rencanakan 5 Destinasi Wisata Baru di Kota Cirebon

Share this article
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rencana buat 5 destinasi wisata baru
Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya. Foto: cireboners.id/Istimewa

Cireboners.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon tengah mempersiapkan lima destinasi wisata baru. Destinasi wisata ini akan menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan, lima calon destinasi wisata yang baru tersebut yakni, Museum Topeng Wong di Balai Kota Cirebon, Kampung Wisata Kacirebonan, Kawasan Gedung Bundar di Taman Kebumen, Kampung Arab Panjunan, dan Wisata Heritage Gedung BAT.

“Tahun 2024 ini kami akan meluncurkan destinasi wisata perpaduan antara wisata budaya dan sejarah di Kota Cirebon,” kata Agus, Senin (11/2/2024)

Meski begitu, calon destinasi wisata baru tersebut ada yang masih dalam proses renovasi seperti Gedung Bundar di Taman Kebumen, Museum Topeng Wong di Balai Kota Cirebon dan Wisata Heritage Gedung BAT.

“Gedung Bundar di Taman Kebumen banyak vandalisme dan rumput liar, nanti akan kita bersihkan. Untuk Museum Topeng Wong di Balai Kota Cirebon, kami sudah minta seniman membuatnya sedangkan Wisata Heritage Gedung BAT itu kelola oleh swasta,” paparnya.

Sementara itu, destinasi wisata lainnya sedang dalam proses penyempurnaan yaitu Kampung Wisata Kacirebonan dan Kampung Arab Panjunan. Dua destinasi wisata tersebut sudah dirintis sejak tahun 2023 lalu.

“Kampung Wisata Kacirebonan sudah siap dikunjungi, hanya ada sedikit yang harus ditata ulang. Sama halnya dengan Kampung Arab Panjunan,” tuturnya.

Ia menargetkan, lima wisata unggulan Kota Cirebon tersebut bisa launching di hari jadi ke-597 Cirebon pada bulan Juli nanti. Namun demikian, pihaknya tetap menunggu progres pengerjaan destinasi wisata tersebut.

“Semuanya itu kembali kepada proses pengerjaannya. Tapi saya optimis apa yang sudah menjadi target bisa tercapai,” katanya.

Adanya wisata baru di Kota Cirebon akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Tentu dengan harapan, kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon mengalami peningkatan.

“Semoga Kota Cirebon menjadi rujukan wisata bagi wisatawan yang tengah berkunjung ke Jawa Barat,” ungkap Agus.

Visited 19 times, 1 visit(s) today
Travel

Cireboners.id – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan menggelar program angkutan Motor Gratis (Motis) mudik lebaran tahun 2024. Program layanan masyarakat ini disambut baik PT Kereta Api Indonesia Daop 3 Cirebon.

ILUSTRASI; Kereta Api Arho Cheribon.
Travel

Cireboners.id – Dampak banjir di tiga titik di Semarang mengakibatkan sejumlah perjalanan KA yang melintas di wilayah Cirebon terganggu.

Curah hujan tinggi, mengakibatkan air menggenang di tiga titik jalur kereta, meliputi Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng – Alastua, Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng – Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang – Kaliwungu.