Serba Serbi

KKN UNU, Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing Lewat “Fun Learning”

×

KKN UNU, Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing Lewat “Fun Learning”

Share this article

CirebonersID – Dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa, program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 1 Desa Asem Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon menggelar “Fun Learning English” di SD Negeri 1 Asem dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tarbiyatul Wildan Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, Rabu (28/8/2024).

Program ini bertujuan untuk membuat pembelajaran Bahasa Inggris lebih menarik dan menyenangkan bagi anak-anak.

Di samping itu, pengembangan kemampuan bahasa Inggris menjadi penting untuk meningkatkan daya saing dalam mendorong Generasi Indonesia Emas 2045.

Keterampilan berbahasa Inggris bagi anak-anak menjadi penunjang potensi mereka dalam menggapai cita-citanya.

Selama kegiatan, mahasiswa KKN UNU Cirebon memfasilitasi berbagai aktivitas pembelajaran yang edukatif, seperti permainan bahasa, kuis interaktif, dan sesi tanya jawab serta bercerita yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan berbicara, mendengarkan, dan memahami bahasa Inggris.

Selain itu, mereka juga memperkenalkan metode pembelajaran yang berbasis pada multimedia dan teknologi sebagai wujud pembelajaran yang modern dan unggul. Baik melalui video kreatif, power point yang menarik, dan games yang seru.

Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Nur Khodijah, anggota KKN Kelompok 1 Desa Asem sekaligus mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon.

Khodijah menuturkan, “Untuk menuju Indonesia Emas 2045, mata pelajaran Bahasa Inggris harus tetap ada dan dilaksanakan dengan pembelajaran yang menyenangkan, disertai ice breaking, games, kuis, dan teknologi modern yang menarik agar tidak membosankan.”

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, para siswa tampak antusias mengikuti setiap sesi demi sesi. Banyak diantara mereka yang merasa lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris setelah mengikuti kegiatan ini.

“Saya senang bisa belajar bahasa Inggris sambil bermain, rasanya berbeda saat belajar seperti biasa dikelas. Belum pernah aku belajar pake games dan liat video kaya sama kakak,” kata Aqila, salah satu siswa kelas V SDN 1 Asem

Program ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah-sekolah dasar, khususnya dala pembelajaran Bahasa Inggris yang semakin penting di era globalisasi.

“Besar harapan seiring program ini disambut baik oleh pihak sekolah, agar bisa tetap dilanjutkan oleh guru-guru yang mengampu mata pelajaran tersebut sehingga menjadi wajib dan digemari bagi para siswa. Mahasiswa KKN diharapkan dapat terus melanjutkan kegiatan ini dimasa mendatang dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia,” tutup Khodijah.

Penulis: Ahmad Fiqih