Griyasawala

Ketua DPRD: Hari Kelautan Nasional Momentum Kembangkan Potensi Laut

×

Ketua DPRD: Hari Kelautan Nasional Momentum Kembangkan Potensi Laut

Share this article
Ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana.

CirebonersID – Setiap tanggal 2 Juli diperingati sebagai Hari Kelautan Nasional. Ketua DPRD Kota Cirebon Ruri Tri Lesmana berharap peringatan Hari Kelautan Nasional meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga potensi laut di Kota Cirebon.

“Di Hari Kelautan Nasional ini, kami berharap masyarakat dan pemerintah bisa lebih peduli menjaga dan meningkatan potensi kelautan di Cirebon,” kata Ruri, Selasa (2/7/2024).

Ruri mengatakan, Kota Cirebon memiliki potensi luar biasa di bidang keluatan. Sebab, Kota Cirebon merupakan daerah pesisir. Selain sumber daya alam dari laut, Ruri berharap, potensi kelautan juga bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata di Kota Cirebon.

“Pengembangan wisata laut juga bisa dilakukan di Kota Cirebon,” kata Ruri.

Sekadar diketahui, laut menjadi sumber untuk mencari pangan, mata pencaharian, pariwisata, sumber daya alam, dan lainnya. Lahirnya Hari Kelautan Nasional berawal dari latar belakang Indonesia yang mempunyai geografis dengan dua pertiga luasnya adalah lautan. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara maritim di dunia.

Hari Kelautan Nasional menjadi momentum untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya ekosistem laut. Adapun sumber daya laut yang ada di Indonesia terdiri dari ikan dan terumbu karang yang harus selalu dijaga dan dilestarikan. (Ibnu)