Politik

Hadir di Cirebon, SBY Bekali Strategi Pemenangan ke Para Caleg Demokrat

×

Hadir di Cirebon, SBY Bekali Strategi Pemenangan ke Para Caleg Demokrat

Share this article
Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Handarujati Kalamullah SSos.

Cireboners.id – Memasuki masa kampanye, partai-partai politik mulai tancap gas susun strategi pemenangan. Tak terkecuali Partai Demokrat.

Rencananya, hari ini, Kamis (30/11/2023) Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal hadir di Kota Cirebon memberi arahan kepada 220 calon anggota legislatif tingkat DPR RI, provinsi, dan kabupaten-kota.

Kunjungan di Kota Cirebon ini mengawali sekaligus membuka agenda politik ‘Tour de Java’ SBY memberi pembekalan kepada caleg-caleg Demokrat di pulau Jawa.

Sekretaris Jenderal DPD Demokrat Jawa Barat, Muhammad Handarujati Kalamullah menjelaskan, menyambut kehadiran presiden ke-6 tersebut, tentu DPD dan DPC Demokrat Kota Cirebon menyiapkan tempat dan segala sesuatunya untuk pertemuan internal partai tersebut.

“Kota Cirebon menjadi daerah pertama dipilih Pak SBY pada Tour de Java. Agendanya besok (hari ini, -red) dan sedang dipersiapkan. Agendanya pembekalan dari Pak SBY langsung kepada para caleg,” ujarnya di kantor DPRD Kota Cirebon, Rabu (29/11/2024).

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon itu memaparkan, peserta pembekalan itu diikuti calon anggota legislatif DPRI dari dapil VIII sebanyak 135 orang, caleg DPRD Jabar dapil XII 12 orang dan dapil VIII sebanyak 9 orang.

“Kemudian, caleg DPRD Jabar dapil Banjar, Pangandaran, Kuningan, Ciamis. Selebihnya caleg wilayah sekitar. Totalnya ada sebanyak 220 caleg,” ujar pria disapa Andru.

Andru memastikan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak mendampingi SBY di Kota Cirebon. Sebab, banyak agenda serupa yang perlu dihadiri ketua umum.

Di samping itu, agenda Tour de Java ini dilakukan secara maraton. Setelah dari Kota Cirebon, kegiatan akan dilanjutkan ke Semarang dan Sragen serta kota-kota lain di Jawa.

“Pak SBY langsung ke Semarang, kemudian ke Sragen. Jadi, tidak menginap di Kota Cirebon. Untuk di Jawa Barat, nanti menyusul daerah lain seperti Cianjur, Bogor, Tasik, Cimahi,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC Demokrat Kota Cirebon, Dian Novitasari mengatakan, kehadiran SBY di tengah-tengah kader partai Demokrat ini adalah bentuk dukungan sekaligus pembekalan strategi poltik.

Kedatangan SBY pun sudah berkoordinasi dengan Bawaslu, KPU, unsur Polri dan TNI. Sehingga, masa kampanye yang dihadiri SBY di Kota Cirebon ini sudah dijamin pengamanan dan pengawalan pihak-pihak terkait.

“Turun langsungnya Pak SBY menemui para kader ini sebagai bentuk bahwaSBY mendukung para caleg yang akan maju. Memang Pak SBY ini dikenal sangat peduli kepada kader-kader Demokrat,” tutup Dian. (Ibnu)