Politik

Respons Pidato Kenegaraan Presiden, DPRD Ajak Warga Perkokoh Persatuan

×

Respons Pidato Kenegaraan Presiden, DPRD Ajak Warga Perkokoh Persatuan

Share this article
DPRD Kota Cirebon menggelar rapat paripurna mendengarkan pidato kenegaraan sidang tahunan MPR RI di Griya Sawala. (Foto: cireboners.id/Ibnu)

Cireboners.id – Merespons pidato kenegaraan Presiden RI sidang tahunan MPR RI, DPRD mengajak kepada seluruh warga Kota Cirebon untuk memperkokoh persatuan.

Rasa kebersamaan dan persatuan itu sebagai modal untuk pulih dan bangkit dari dampak pandemik Covid-19, Selasa (16/8/2022).

Ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana menyampaikan, peringatan hari kemerdekaan ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Tema ini mengacu pada peristiwa dunia, termasuk Indonesia yang mengalami masa pandemi COVID-19 selama kurang lebih dua tahun.

Ruri mengatakan, sesuai dengan amanat dari pidato Presiden Joko Widodo, seluruh pihak harus bersatu mengatasi dampak pandemi agar cepat pulih lebih cepat menghadapi tantangan global, serta bisa bangkit lebih kuat membawa Indonesia maju.

“Peringatan hari kemerdekaan tahun ini patut dijadikan momentum untuk lebih memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan warga negara mengatasi permasalahan bangsa. Khususnya, warga Kota Cirebon bisa menyelesaikan segala masalah daerah,” ujarnya saat memimpin jalannya rapat paripurna.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati mengatakan, peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini adalah momentum penghormatan dan penghargaan kepada pendiri negara Indonesia.

Dia berharap, masa pandemi Covid-19 selama kurang lebih dua tahun terakhir ini sudah membuat perekonomian daerah menurun.

Melalui semangat peringatan kemerdekaan ini, DPRD mengharapkan semua pihak bisa kembali menggeliatkan semua sektor, khususnya pariwisata dan perdagangan di Kota Cirebon.

“Pak Walikota juga sudah mengingatkan di berbagai kegiatan untuk pro aktif meningkatkan kembali ekonomi pasca pandemi ini. Semangat beliau harus kita dukung,” ujarnya.

Sesuai apa yang disampaikan Presiden Jokowi, Eti mengatakan, negara sudah mampu menanggulangi pandemi Covid-19 dan mendapatkan apresiasi oleh dunia internasional.

Hal itu menandakan, Kota Cirebon pun berkontribusi pada keberhasilan menekan angka penyebaran Covid-19.

“Harapan kami, kita semua pasti bisa mencapai tujuan Indonesia merdeka dan Kota Cirebon lebih maju,” katanya.