Kota

Wali Kota Cirebon Lantik Dewan Pengawas Perumda Air Minum

×

Wali Kota Cirebon Lantik Dewan Pengawas Perumda Air Minum

Share this article
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis sedang melantik tiga dewan pengawas Perumda Air Minum Tirta Giri Nata. Foto: Istimewa/Cireboners.id

Cireboners.id – Jajaran dewan pengawas Perumda Air Minum Tirta Giri Nata periode 2023-2027 resmi dilantik, Senin (27/2/2023). Ketiga dewan pengawas tersebut yaitu, Drs. Sumanto sebagai ketua, Ir. Ridwan Rachim dan Reza Mansyur sebagai anggota.

Prosesi pelantikan dipimpin langsung Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis di Kantor Perumda Air Minum Tirta Giri Nata. Dalam sambutannya, Azis mengingatkan, Perumda Air Minum Tirta Giri Nata harus melaksanakan bisnis yang bergerak dalam penyediaan air minum bagi masyarakat dan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah.

Atas dasar itu, kedua fungsi perusahaan tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi dewan pengawas. Dia meminta kepada para dewan pengawas yang baru dilantik menjadi instrumen pendukung pelaksanaan pengembangan usaha Perumda Air Minum.

“Dua fungsi ini menjadi sebuah kesatuan yang positif untuk mendukung pengelolaan dan keberlanjutan Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon,” kata Azis.

Azis mengatakan, jika program ada ketidaksesuaian dengan perencanaan, maka dewan pengawas segera meluruskan agar program tersebut sesuai dengan perencanaan awal. Ia meminta dewan pengawas tak sungkan memanggil jajaran direksi, apabila program yang terlambat dijalankan.

“Jika perlu panggil Direksinya bila program tersebut tidak berjalan. Apabila ada program yang macet di bagian-bagian tertentu. Ini yang harus dilakukan Dewan Pengawas,” kata Azis.

Azis menjelaskan, dewan pengawas merupakan kepanjangan tangan dari kuasa pemilik modal Perumda Air Minum Tirta Giri Nata. Karena itu, jajaran direksi diharapkan menghormati kinerja dewan pengawas.

Atas dasar itu, Azis meminta jajaran direksi dan dewan pengawas untuk bersama-sama saling membangun. Agar, Perumda Air Minum Tirta Giri Nata bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Cirebon.

“Dewan pengawas ini sedang menjalankan tugas dari KPM. Maka hormati tugas mereka layaknya seperti KPM,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon, H. Sopyan Satari, SE., M.M, juga menyampaikan selamat atas dilantiknya jajaran Dewan Pengawas yang baru.

Pihaknya akan selalu siap menjalankan amanat yang disampaikan wali kota sebagai kuasa pemilik modal (KPM).

“Semoga bisa bersinergi dalam menjalankan program-program Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon yang telah disusun,” katanya.