Kota

Kantor DPRKP Segera Pindah, Lebih Efektif Mengawasi Taman

×

Kantor DPRKP Segera Pindah, Lebih Efektif Mengawasi Taman

Share this article
Taman Pedati Gede, Kota Cirebon. Foto: Ibnu/Cireboners.id

Cireboners.id – Meningkatkan pengawasan kondisi kawasan pertamanan di Kota Cirebon, Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) akan berpindah lokasi di kantor eks KPU Kota Cirebon.

Kepala DPRKP Kota Cirebon, Wandi Sofyan mengatakan, kantor DPRKP akan berpindah ke Jalan Palang Merah, Kecamatan Lemahwungkuk. Menurutnya, kantor baru itu lebih strategis dan mudah diakses, sehingga dapat memberikan pelayanan lebih maksimal.

“Termasuk juga pengawasan taman dan aset pemerintah daerah lebih intens. Seperti taman pedati gede dan lapangan Kebumen,” tutur Wandi, Rabu (1/2/2023).

Menurut Wandi, Eks gedung kantor KPU ini lebih luas dibanding kantor lama yang berlokasi di sebuah gang dengan sarana dan prasarana yang terbatas. Setelah dicek, kantor baru DPRKP ini membutuhkan pemugaran, seperti pengecatan dan perbaikan kayu.

“Selanjutnya, kantor akan dilengkapi sarana dan prasarana penunjang secara bertahap, menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi menjelaskan, kantor DPRKP sebelumnya sudah tidak representatif. Karena itu, kantor baru di Jalan Palang Merah diharapkan bisa lebih memberikan pelayanan masyarakat.

Utamanya, dapat mempermudah pengawasan terhadap aset-aset milik Pemda Kota Cirebon. Seperti lapangan Kebumen dan Taman Pedati Gede. Recananya, kantor DPRKP yang lama akan digunakan oleh unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB).

“Karena memang ada kebutuhan gedung untuk unit PPA,” katanya.