Kota

DPKP Edukasi Pencegahan Kebakaran Pada Anak Usia Dini

×

DPKP Edukasi Pencegahan Kebakaran Pada Anak Usia Dini

Share this article
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cirebon mengedukasi anak-anak terhadap pencegahan bahaya kebakaran, Rabu (18/1/2023). Foto: istimewa/cireboners.id

Cireboners.id – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cirebon mengedukasi anak-anak terhadap pencegahan bahaya kebakaran, Rabu (18/1/2023).

Kegiatan tersebut sebagai bagian memberikan layanan masyarakat berupa proteksi dan pengendalian kebakaran. Terutama kepada anak usia dini. Selama kegiatan berlangsung, anak-anak diedukasi pemahaman terkait manfaat dan bahaya tentang api.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan Operasi dan Penyelamatan DPKP Kota Cirebon, Nurjaman menjelaskan, kegiatan edukasi pencegahan kebakaran di TK Negeri Pembina itu bertujuan memberikan proteksi dari bahaya kebakaran.

“Kegiatan semacam ini rutin diselenggarakan. Kali ini, kami diundang memberikan materi di sekolah. Kami bersyukur, karena masih ada kepedulian dari sekolah atas pentingnya proteksi dan pencegahan kebakaran,” terangnya.

Nurjaman menjelaskan, anak-anak dikenalkan tentang teknik memadamkan api serta bagaimana meminta pertolongan saat kondisi darurat. Kegiatan diisi dengan cara melakukan simulasi cara pemadaman dan meminta pertolongan.

“Dengan kegiatan ini, paling tidak anak-anak punya gambaran bagaimana proteksi dan pencegahan kebakaran,” ungkapnya.

Nurjaman menambahkan, anak-anak dikenalkan dengan peralatan yang digunakan petugas pemadam kebakaran saat bertugas. Misalnya, pakaian saat proses pemadaman api dan alat semprot yang pemadam kebakaran.

“Selain itu, anak-anak diberikan pemahaman jenis-jenis peralatan apa saja yang biasa digunakan saat bertugas memadamkan api.

Sementara itu, Kepala TK Negeri Pembina Kota Cirebon, Sania Lis Indrianti mengucapkan terima kasih kepada petugas pemadam kebakaran yang sudah memberikan edukasi proteksi dan pencegahan kebakaran.

“Pada kesempatan ini, kami menjalin kerja sama untuk edukasi kepada anak-anak. Harapannya, ini bisa memberikan manfaat kepada anak-anak serta orang tua yang mendampingi,” katanya.