Kota

Tepat di Hari Kemerdekaan, Sembilan Bayi Lahir di RSIA Cahaya Bunda

×

Tepat di Hari Kemerdekaan, Sembilan Bayi Lahir di RSIA Cahaya Bunda

Share this article
Sembilan bayi lahir di RSIA Cahaya Bunda tepat di Hari Kemerdekaan RI, Kamis (17/8/2022). (Foto: cireboners.id/Ibnu)

Cireboners.id – Tepat di hari kemerdekaan 17 Agustus, sembilan bayi lahir di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda, Kota Cirebon, Rabu (17/8/2022).

Momentum HUT ke-77 Republik Indonesia itu, pihak RSIA Cahaya Bunda pun memberikan kado spesial kepada bayi dan orang tua.

Kesembilan bayi tersebut empat di antaranya berjenis kelamin laki-laki dan lima bayi perempuan. Dari sembilan bayi itu, tujuh dilahirkan secara sesar dan dua bayi lahir secara normal.

“Ada 9 bayi yang melahirkan tepat di HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Jenis kelaminnya, 5 bayi perempuan dan 4 bayi laki-laki,” ujar pemilik RSIA Cahaya Bunda, dr. Yasmin Dermawan SPOG, Kamis (18/8/2022).

Menurut Yasmin, tujuh bayi yang dilahirkan secara sesar karena memang ada beberapa alasan. Seperti, posisi bayi yang melintang dan ada pula posisi sungsang.

Yasmin menekankan pasien yang melahirkan tepat di Hari Kemerdekaan ini memang sudah memenuhi kriteria secara medis.

Bahkan, ada juga pasien yang memiliki riwayat sesar sebelumnya. Bayi yang dilahirkan secara sesar pun harus sudah cukup bulan, memasuki 37 hingga 40 minggu.

“Kalau yang melahirkan ini semuanya sudah memenuhi kriteria secara medis, mulai usia kandungan yang sudah matang atau memiliki riwayat sesar sebelumnya. Tapi rata-rata memiliki riwayat sesar sebelumnya,” kata Yasmin.