Griyasawala

Komisi III DPRD Dukung Program Geber Sobat SiJumo-Jamillah

×

Komisi III DPRD Dukung Program Geber Sobat SiJumo-Jamillah

Share this article
Komisi III DPRD Kota Cirebon, dr Tresnawaty SpB menghadiri kegiatan program kesehatan Kamis (23/5/2024) di Amphiter Grage City Mall.

CirebonersID –  Komisi III DPRD Kota Cirebon mendukung Gerakan Bersama Literasi Stunting, Imunisasi, Pencegahan DBD, Penanggulangan TBC (Geber Si Jumo) dan Jaga Ibu Hamil serta Lingkungan Bersih dan Sehat dengan PHBS di Amphiter, Grage City Mall, Kamis (23/5/2024) .

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon, dr Tresnawaty SpB mengatakan, TBC, DBD, dan Stunting merupakan masalah kesehatan yang perlu dicegah dan diatasi.

Ada beberapa hal yang perlu ditekankan, yakni pertama fokus stunting, TBC maupun DBD. Pasalnya fluktuatif naik turunnya, hanya stunting yang selalu jadi trending topik.

“Fokus yang harus dikejar, pertama peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting, imunisasi kepada anak, pencegahan DBD, serta obati sampai sembuh untuk TBC. Stunting bisa dicegah harus bersama-sama, bukan hanya pemerintah melainkan masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan Geber Sobat SiJumo dan Jamillah dengan PHBS ini merupakan upaya meningkatkan komitmen semua pihak dalam menanggulangi stunting.

Ia pun mengingatkan kepada para orangtua, agar dapat memilah makanan yang akan dikonsumsi anaknya, semisal jajanan yang ada di sekolah, harus dipastikan memiliki nilai gizi. Selain itu, orangtua juga harus memahami betul pola perilaku hidup bersih dan sehat.

“Komitmen bersama harus dijalankan dengan baik untuk mencegah stunting di Kota Cirebon,” ungkapnya.