Politik

Herman Khaeron: Empat Pilar Kebangsaaan Wajib Dipedomani

×

Herman Khaeron: Empat Pilar Kebangsaaan Wajib Dipedomani

Share this article
ANGGOTA DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat memberikan pemaparan sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Cireboners.id – Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Herman Khaeron menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Hotel Zamrud, Kota Cirebon, Rabu (24/1/2024)

Sosialiasi empat pilar kebangsaan dihadiri ratusan masyarakat dari berbagai daerah di wilayah 3 Cirebon. Para peserta diberi pemahaman mengenai empat pilar kebangsaan yakni Diantaranya Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pria akrab disapa Kang Hero itu memaparkan mengenai pengamalan Pancasila dalam berkehidupan bermasyarakat. Menurutnya, Pancasila sebagai ideologi bangsa mampu membangun dan memberdayakan masyarakat untuk kesejahteraan Indonesia.

Ia juga menyebut, empat pilar kebangsaan bertujuan untuk menjaga kerukunan antar umat beragama. Sehingga, penting diamalkan dalam kehidupan keseharian sebagai pengingat bahwa Bangsa Indonesia dibangun atas perbedaan suku, ras, agama dan etnis.

“Pancasila merupakan bagian dari empat pilar kebangsaan yang harus dipedomani masyarakat,” kata Herman Khaeron kepada wartawan.

Esensi dari empat pilar kebangsaan lainnya  adalah warga negara patut peduli terhadap persoalan sosial. Salah satu di antaranya, melaporkan masalah yang menganggu ketentraman sosial kepada pihak berwenang. Serta, terlibat aktif  memperbaiki kondisi sosial di lingkungan sekitar.

“Hal ini mencerminkan nilai sila kedua Pancasila. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Dengan saling peduli, akan meminimalisir persoalan sosial di masyarakat. Kita juga harus peduli jangan memiliki sikap antipati,” ujar Kang Hero.

Dia berharap, dengan sosialisasi 4 pilar kebangsaan, masyarakat bisa mengamalkan dan menjalankan dengan baik. Demi keutuhan Bangsa Indonesia. (Ibnu)