Griyasawala

Hadiri Pembacaan Babad Cirebon, Ketua DPRD Dukung Pelestarian Seni Budaya

×

Hadiri Pembacaan Babad Cirebon, Ketua DPRD Dukung Pelestarian Seni Budaya

Share this article
Tradisi pembacaan babad Cirebon di Bangsal Witana Keraton Kanoman.

CirebonersID – Pemerintah Daerah Kota Cirebon menggelar Pembacaan Babad Cirebon dalam rangkaian Hari Jadi Cirebon ke 597 di Keraton Kanoman, Senin (8/7/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut Juru Bicara Kasultanan Kanoman Cirebon , Ratu Raja Arimbi Nurtina, Patih Kasultanan Kanoman Cirebon, Pangeran Patih Raja Muhammad Qadiran, para sesepuh dan tokoh masyarakat.

Ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana menilai, Pembacaan Babad Cirebon telah menjadi tradisi yang rutin diadakan Keraton Kanoman Cirebon setiap tahun. Tradisi ini digelar untuk mengulas kembali sejarah berdirinya Cirebon pada masa lalu.

“Sebagai masyarakat Cirebon kita tidak boleh lupa akan perjuangan para leluhur terlebih yang telah mendirikan Cirebon,” ujarnya.

Selain mengenai pelestarian kebudayaan, melalui pembacaan Babad Cirebon ini, sejatinya sedang diberikan pesan pendidikan moral dan budi pekerti.

“Pada praktiknya, keluhuran kisah dan budi dari para pendahulu mampu memberikan keteladanan dan kemaslahatan bagi kehidupan masyarakat,” lanjutnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota mengatakan, melalui pelaksanaan tradisi ini, sebagai edukasi agar selalu mengingat asal usul Kota Cirebon.

“Pembacaan Babad Cirebon merupakan sebuah kegiatan yang juga memiliki keselarasan dengan upaya kita semua untuk melestarikan kekayaan budaya tradisional seirama dengan derap langkah pembangunan yang sedang dilakukan,” ujarnya.

Selain mengenai pelestarian kebudayaan, lanjut Pj Wali Kota, lewat pembacaan Babad Cirebon ini, sejatinya sedang diberikan pesan pendidikan moral dan budi pekerti.

“Pada praktiknya, keluhuran kisah dan budi dari para pendahulu mampu memberikan keteladanan dan kemaslahatan bagi kehidupan masyarakat,” lanjutnya. (Ibnu)