Serba Serbi

Perpustakaan Kota Cirebon Terus Berinovasi, Hadirkan Beragam Kegiatan Literasi

×

Perpustakaan Kota Cirebon Terus Berinovasi, Hadirkan Beragam Kegiatan Literasi

Share this article
Ilustrasi; Para remaja tengah mengunjungi Perpustakaan 400.
Ilustrasi; Para remaja tengah mengunjungi Perpustakaan 400. Foto: kompas.id

Cireboners.id – Perpustakaan 400 Kota Cirebon terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas literasi dan layanan kepada masyarakat.

Kepala Dispusip Kota Cirebon Gunawan, mengatakan, inovasi tersebut tidak terbatas hanya dalam kegiatan membaca semata di perpustakaan, melainkan mencakup keterampilan lainnya.

Seperti, kelas bercerita, merajut, workshop tematik, perpustakaan keliling (pusling), dan kursus bahasa asing meliputi bahasa Inggris, Arab dan Prancis.

“Hari selasa, ada kelas storytelling di bawah, lalu merajut di lantai 2. Nah, ada pula kursus khusus bahasa asing, terbaru ada bahasa Prancis, hari Sabtu,” katanya kepada CirebonersID, Selasa (9/7/2024).

Teranyar, bahkan Perpustakaan 400 sempat menyelenggarakan kursus membuat running text dan videotron yang dimentori langsung oleh Kadispusip Kota Cirebon, Juni lalu.

Menurut Gunawan, seluruh kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yang bertujuan meningkatkan keterampilan masyarakat, serta membuka peluang menghasilkan barang atau jasa.

Sasaran program tersebut, bukan hanya anak-anak, melainkan remaja, hingga dewasa dapat turut serta dalam berbagai kegiatan.

“Kita juga harus mengerti, cakupan literasi tak cuma membaca, akan tetapi bagaimana caranya dari literasi bisa menghasilkan barang atau jasa,” ujarnya.

Gunawan meyakini, program-program tersebut juga mampu meningkatkan angka kunjungan ke perpustakaan karena beragamnya kegiatan yang ditawarkan secara gratis.

Bahkan, sejak diluncurkan, program-program yang dilaksanakan terus mengalami peningkatkan peserta. Seperti yang terjadi pada kursus bahasa Perancis.

“Awalnya sekitar Ramadan lalu, peserta hanya 12 orang, terakhir, bertambah sebanyak 27 orang,” tuturnya.

Sebagai informasi, jumlah koleksi buku di Perpustakaan 400, kini mencapai 30.000 judul dengan total 50.000 eksemplar. Jumlah tersebut akan bertambah tiap tahunnya, selaras dengan regulasi yang mengharuskan pengadaan buku sebesar 10 persen dari total koleksi.

Gunawan pun berharap, beragam program yang telah digagas Perpustakaan dapat bertahan dan terus eksis, sehingga dapat menjangkau masyarakat lebih banyak.

“Bagi yang ingin ikut serta kegiatan rutin, bisa cek di website kita, atau instagram dispusip Kota Cirebon,” pungkasnya. (Rifki)

Visited 14 times, 1 visit(s) today