Pemilu 2024Politik

Koalisi NasDem Gerindra Sudah Paten, Tapi Buka Ruang Parpol Lain

×

Koalisi NasDem Gerindra Sudah Paten, Tapi Buka Ruang Parpol Lain

Share this article

Cireboners.id – Menyambut Pilkada Kota Cirebon, NasDem dan Gerindra sudah bersepakat untuk menyatakan koalisi, Jumat (31/6/2024). Koalisi ini dinamakan Koalisi Maju Bersama Kota Cirebon.

Keduanya menyatakan deklarasi bersama untuk mendaftarkan calon walikota dan wakil walikota.

Deklarasi dihadiri para pimpinan pengurus partai. Termasuk, Ketua DPD NasDem Kota Cirebon, Eti Herawati dan Ketua DPC Gerindra Kota Cirebon, H Eman Sulaeman.

Naskah deklarasi perjanjian di antara kedua partai itu dibacakan masing-masing ketua badan pemenangan pemilu. Dari pihak NasDem, naskah perjanjian koalisi dibacakan M Noupel, sementara di pihak Gerindra dibacakan Fitrah Malik.

Deklarasi dua partai tersebut menjadi koalisi pertama yang siap menghadapi kontestasi Pilkada Kota Cirebon 2024. Kedua partai tersebut sama-sama meraih lima kursi di parlemen.

Artinya, koalisi NasDem-Gerindra dianggap koalisi bagi lawan politik di perhelatan pilkada mendatang.

Meski dari masing-masing partai mengklaim koalisi ini sudah paten, namun tetap membuka diri bagi partai politik lain untuk bergabung.

Koalisi ini juga sepakat akan mengusung satu pasangan calon walikota dan calon wakil walikota. Namun untuk saat ini belum diumumkan pasangan yang akan diusung.

Ketua DPD NasDem, Eti Herawati mengatakan, bersatunya kedua Parpol ini sebagai bentuk komitmen bersama menuju Pilwalkot mendatang.

“Hari ini kami bersepakat koalisi dengan partai Gerindra untuk Pilwalkot 2024. Ini kerangka besarnya sudah terbangun, tinggal komunikasi untuk merumuskan langkah dan strategi ke depan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC Gerindra Kota Cirebon, Eman Sulaeman juga mengapresiasi terbentuknya Koalisi Maju Bersama Kota Cirebon.

Eman merasa bangga dengan deklarasi tersebut. Menurutnya, kepastian ini cukup merasa lega, karena sudah banyak energi yang terkuras sejak Pileg.

“Alhamdulillah kami sudah menemukan jodoh untuk berkoalisi,” tuturnya. (Ibnu)

Visited 2 times, 1 visit(s) today