Pemilu 2024Politik

Ikhtiar Bangun Koalisi Pilkada, Enam Ketua Partai Politik Bertemu

×

Ikhtiar Bangun Koalisi Pilkada, Enam Ketua Partai Politik Bertemu

Share this article

Cireboners.id – Beberapa pimpinan partai politik mulai membangun koalisi menyambut kontestasi Pilkada 2024 Kota Cirebon.

Terbaru, para petinggi dari enam parpol bertemu untuk menjajaki kerja sama menuju Pilkada 2024.

Keenam parpol tersebut adalah Partai Demokrat, NasDem, PKS, PDIP, PKB dan PPP. Masing-masing ketua partai hadir dalam pertemuan di sebuah rumah makan di Kota Cirebon.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris DPW Partai Demokrat Jawa Barat, Handarujati Kalamullah menjelaskan, partainya membuka diri untuk berkerja sama dengan parpol lain di Kota Cirebon.

“Kami menginisiasi silaturahim dan pertemuan politik bersama beberapa partai, yaitu Demokrat, Nasdem, PKS, PDIP, PKB dan PPP dalam hal penjajakan kerjasama menuju 2024 nanti,” katanya, Senin (13/5/2024).

Kendati belum ada keputusan koalisi bersama, akan tetapi masih bisa sangat memungkinkan koalisi enam partai tersebut bersatu pada Pilkada 2024.

Pria akrab disapa Andru itu mengatakan, para ketua partai bersepakat untuk melanjutkan pertemuan dengan membentuk tim kecil yang bertugas membangun komunikasi intens berkompetisi. Tim kecil tersebut akan digawangi para ketua partai politik.

“Silaturahim berjalan santai dikemas dalam pertemuan yang nggak terlalu formal, sehingga diskusi-diskusi sangat cair. Enam partai politik ini juga bersepakat membangun kebersamaan di parlemen untuk ke depannya,” ujar Andru yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon.

Sekretaris DPD NasDem Kota Cirebon, Harry Saputra Gani pun mengatakan demikian. Menurutnya, enam pimpinan parpol ini membuat kesepakatan bersama untuk membangun Kota Cirebon.

Tak hanya untuk suksesi Pilkada 2024, enam parpol tersebut berkomitmen membangun daerah dari sisi eksekutif maupun legislatif.

Harry menilai, dinamika kontestasi Pilkada 2024 di Kota Cirebon akan berjalan dinamis. Akan tetapi, kebersamaan di parlemen harus memiliki kesamaan pandangan. Yakni, membangun Kota Cirebon lebih baik.

“Tapi masing-masing dari enam parpol ini masih membuka diri untuk partai lain untuk bergabung bersama kami,” tutup Harry. (Ibnu)