Politik

Hero: Empat Pilar Bertujuan Meningkatkan Kesadaran Bernegara

×

Hero: Empat Pilar Bertujuan Meningkatkan Kesadaran Bernegara

Share this article

Cireboners.id – Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Herman Khaeron menilai empat pilar bertujuan meningkatkan kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di hadapan puluhan masyarakat di gedung PGRI Kabupaten Cirebon, ia mengatakan, empat pilar merupakan pedoman bagi kehidupan bermasyarakat, Selasa (20/2/2024).

Nilai-nilai empat pilar yang terdiri dari Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, UUD 1945 itu dapat menumbuhkan sikap toleransi di masyarakat.

Dengan begitu, kerukunan antar umat beragama, suku, dan golongan bisa terjaga.

“Saling toleransi anatar individu dan kelompok masyarakat akan membuat kehidupan rukun dan bahagia. Tanpa ada perpecahan,” katanya.

Pria akrab disapa Hero itu mengatakan, tujuan dari empat pilar disosialisasikan agar meningkatkan rasa nasionalisme, kesadaran bergotong royong, toleransi, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta menjaga persatuan dan kesatuan.

Karena itu, dia berharap masyarakat dapat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, implementasi empat pilar harus terus digelorakan terhadap semua kalangan. Mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda.

“Ketika nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika mampu mereka terapkan di kehidupan sehari-hari, saya yakin efeknya akan luar biasa,” ungkapnya. (Ibnu)