TravelVox Pop

Kunjungan Wisata Bahari Kejawanan Meningkat Saat Libur Akhir Tahun

×

Kunjungan Wisata Bahari Kejawanan Meningkat Saat Libur Akhir Tahun

Share this article
WISATA BAHARI Kejawanan Kota Cirebon. Foto: Cireboners.id/Rifki

Cireboners.id – Wisata Bahari Kejawanan (WBK) menjadi destinasi wisata yang mengalami peningkatan kunjungan saat libur panjang natal dan tahun baru 2024.

Pantai satu-satunya di Kota Cirebon itu menjadi pilihan wisatawan lokal saat libur akhir tahun dan menjelang liburan panjang berakhir.

Tour Guide WBK, Romi menyebut angka kunjungan wisatawan rata-rata mencapai angka 2000 di weekday, dan 5000 di weekend. Akan tetapi, ketika libur panjang tiba angka kunjungan bisa meningkat pesat hingga puluhan ribu.

“Biasanya rata-rata  lima ribu saat akhir pekan. Sedangkan natal kemarin angka pengunjung mencapai tujuh ribu dan tiga belas ribu saat tahun baru,” katanya, Minggu (7/1/2024).

Romi juga menjelaskan, wisatawan yang datang ke WBK tidak hanya berasal dari wilayah Cirebon, wisatawan luar kota seperti Bandung, Jogja pun tercatat datang ke wisata pantai tersebut.

“Kalau dari luar, biasanya sekaligus wisata religi, setelah dari sunan gunung jati, ke sini wisata pantainya,” tuturnya.

Peningkatan angka kunjungan tak lepas dari hasil revitalisasi kawasan wisata pantai Kejawanan menjadi lebih beragam fasilitas yang disediakan.

“Oktober 2023 mulai diresmikan, ada beberapa perubahan seperti jalur masuk, penataan lahan parkir, tempat sampah khusus, spot foto, kamar mandi serta kawasan kantin berkonsep foodcourt di area dalam yang semakin rapih,” tambahnya.

Menjelang liburan lebaran mendatang, Romi mengungkapkan ada beberapa penambahan fasilitas lagi untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pengunjung. Selain itu, ia pun optimis, pada liburan mendatang kunjungan liburan akan lebih banyak dari saat ini.

“Nanti ada beberapa penambahan seperti kamar mandi dan bilas, dan ke depan semoga bisa lebih meningkat lagi kunjungannya,” katanya.

Sementara itu, Budi salah satu wisatawan dari Kabupaten Cirebon mengatakan sedang berlibur bersama keluarga dan kerabat di hari terakhir liburan nataru.

“Ke sini buat berlibur, hari terakhir liburan, tarif wisatanya terjangkau dan dekat juga dari rumah,” ujarnya.