Travel

Cerita Lawatan SBY ke Cirebon Melukis Kemegahan Gunung Ciremai

×

Cerita Lawatan SBY ke Cirebon Melukis Kemegahan Gunung Ciremai

Share this article
Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunjukkan lukisan kemegahan Gunung Ciremai yang dibuat di kamar hotel Aston Cirebon, Senin (2/1/2023). Foto: Ibnu/Cireboners.id

Cireboners.id – Kunjungan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Cirebon menyempatkan diri untuk melukis kemegahan Gunung Ciremai.

Lawatan bersama tim bola voli Lavani Allo Bank setelah menjalani latihan di Pacitan, Jawa Timur itu, SBY melukis dari kamar hotel Aston Cirebon, Jalan Brigjen Dharsono Cirebon. Ia mulai melukis pada Senin (2/1/2023) pagi hari.

Lukisan itu didominasi warna biru tua dan muda. Tampak pemandangan gunung tertinggi di Jawa Barat itu terlhat dari Cirebon di suatu pagi.

Kepada awak media, SBY bercerita, lukisan itu dibuat selama 1 jam 15 menit namun belum sepenuhnya sempurna. Karena itu ia berniat membawa lukisan Gunung Ciremai di galeri miliknya di Cikeas, Bogor, untuk sentuhan terakhir.

“Ini nanti saya bawa ke Cikeas, karena butuh sentuhan terakhir sehingga nantinya akan menjadi semakin indah,” kata SBY.

SBY menemukan inspirasi melukis Gunung Ciremai saat membuka tirai jendela kamar hotel usai menunaikan salat subuh. Pemandangan kemegahan Gunung Ciremai di pagi hari ini adalah lukisan pertama dibuat di Cirebon.

Dia mengakui, mulai kembali menekuni hobi melukis kira-kira 1,5 tahun lalu atau pada situasi pembatasan aktivitas masyarakat akibat pandemic Covid-19 lalu.

“Setiap ke daerah, saya sempatkan melukis. Baik di pinggir pantai maupun di tepi sungai,” tuturnya.