Kota

RSIA Cahaya Bunda Cirebon Kembali Dibanjiri Permintaan Lahir di Tanggal Cantik

×

RSIA Cahaya Bunda Cirebon Kembali Dibanjiri Permintaan Lahir di Tanggal Cantik

Share this article

Cireboners.id – RSIA Cahaya Bunda Kota Cirebon kembali dibanjiri peminat ibu hamil melahirkan di tanggal cantik. Kali ini, tepat tanggal 10-10-2022 sebanyak 8 anak lahir dilahirkan di tanggal spesial tersebut.

Fenomena melahirkan di tanggal cantik itu kini terus mendapat banyak permintaan. Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan RSIA Cahaya Bunda Kota Cirebon, dr. Yasmin Dermawan mengatakan, 8 bayi lahir di tanggal cantik itu 5 di antaranya dilakukan secara sesar dan 2 lahir normal.

Yasmin menjelaskan, permintaan melahirkan di tanggal cantik memang selalu mendapat permintaan. Bahkan, kenaikan permintaan lahir di tanggal bulan dan tanggal yang sama lebih banyak dibandingkan tanggal biasa.

Ia mengatakan, pada hari biasa RSIA Cahaya Bunda hanya menangani 2-3 pasien saja. Akan tetapi, pada t it’sanggal cantik permintaan melahirkan lebih banyak pasien.

“Kalau hari biasa permintaan melahirkan hanya dua hingga tiga pasien saja, tapi kalo tanggal-tanggal yang dianggap cantik selalu mengalami peningkatan drastis. Seperti tanggal 10/10/2022 saja ada 8 pasien yang melahirkan,” ujar Yasmin (11/10/2022).

Yasmin menjelaskan, lima pasien yang memilih tanggal 10/10/2020 ini sudah memiliki riwayat sesar sebelumnya. Di samping itu, mereka usia kandungan sudah memasuki usia 37 minggu lebih, sehingga sesuai ketentuan medis sudah layak untuk dilahirkan pada tanggal tersebut.

Sementara, tiga pasien lain melahirkan secara normal. Karena itu, tidak ada masalah apa pun. Dari 8 bayi yang lahir di tanggal cantik itu, 4 di antaranya berjenis kelamin laki-laki dan 4 bayi perempuan.

“Jadi yang melahirkan di tanggal cantik dengan proses persalinan secara sesar ini sudah memenuhi kriteria secara medis. Misalnya usia kandungan sudah cukup bulan. Yang sudah cukup bulan ini, usia kandungannya sudah 37 minggu sampai dengan 40 minggu,” tegas Yasmin.